Langsung ke konten utama

GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF

GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF

 A. Materi

1. Gambar Bentuk

Menggambar bentuk adalah cara mengambar dengan meniru obyek dan Obyek gambar bentuk dapat berupa benda-benda mati, flora, fauna, manusia atau alam benda.

Menggambar bentuk atau alam benda berarti menggambar berdasarkan garis dan bentuk dasar geometris. Macam-macam bentuk :

• Bentuk Kubistis; Bentuk kubistis adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus. Contohnya : TV, meja.

• Bentuk Silindris; Bentuk silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silindris atau bulat. Contohnya : gelas, botol.

• Bentuk Bebas; Bentuk bebas adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan silindris. Contohnya : kain, buah-buahan.

Prinsip-prinsip seni rupa yang perlu diperhatikan dalam menggambar bentuk 

adalah sebagai berikut :

• Perspektif; yaitu gambar yang dekat kelihatan besar dan sebaliknya. Gambar dengan hukum perspektif berarti menggambar dengan pandangan satu arah atau dua titik lenyap.

• Proporsi;Yang diamaksud dengan prinsip proporsi dalam menggambar bentuk adalah kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda antara bagian yang satu dengan yang lain. 

• Komposisi

Komposisi dalam menggambar bentuk dapat di artikan sebagai suatu susunan atau letak obyek gambar.

• Gelap-terang (Half-Tone)

Benda akan terlihat oleh mata kita bila terkena cahaya.

• Bayang-bayang (shadow)

• Dalam menggambar bentuk, peranan bayang - bayang akan sangat menentukan untuk 

terciptanya kesan tiga dimensi. Meskipun agak samar-samar, bayang-bayang harus ada.

Teknik menggambar bentuk ada enam, yaitu linear, blok, arsir, dusel, pointilis dan 

aquarel

1) Linear merupakan cara menggambar obyek gambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus atau garis lengkung.

2) Blok merupakan cara menggambar dengan menutup obyek gambar satu warna, sehingga tampak bentuk globalnya (siluet).

3) Arsir merupakan cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang obyek gambar sehingga tampak seperti tiga dimensi.

4) Dusel merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang obyek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah).

5) Pointilis merupakan cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik-titikkan.

6) Aquarel merupakan cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.

Dalam menggambar bentuk ada dua pendekatan yang dapat digunakan yaitu: 

pendekatan dengan model dan pendekatan tanpa model.

• Pendekatan dengan model

Yang dimaksud dengan model adalah benda atau objek yang akan digambar, misalnya: kursi, keramik dan sebagainya.

• Pendekatan tanpa model

Pendekatan ini bertolak belakang dari pendekatan dengan model. Menggambar bentuk tanpa model banyak kekurangannya, terutama bagi siswa yang masih belajar menggambar. 

a. Teknik Linear

Teknik linear dalam membuat gambar bentuk merupakan cara menggambar objek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan.

b. Teknik Blok

Teknik blok dalam membuat gambar bentuk merupakan cara menggambar obyek dengan memenuhi warna ke benda yang dijadikan model.

c. Teknik Arsir

Teknik arsir merupakan cara menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang obyek gambar sehingga tampak seperti tiga dimensi.

d. Teknik Dusel

Teknik dusel merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang obyek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring (rebah)

e. Teknik Pointilis

Teknik Pointilis merupakan cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik-titikkan.

f. Teknik Aquarel

Teknik aquarel merupakan cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.

2. Gambar Perspektif

Perspektif atau sudut pandang adalah teknik atau metode untuk menggambar objek-objek berupa benda, ruang (interior), dan lingkungan (eksterior) yang ukurannya lebih besar dari manusia. 

dalam teknik menggambarperspektif sebagai berikut:

• Titik hilang yaitu titik terjauh dari jangkauan. Jarak pandang mata dan titik hilang selalu terletak di dalam garis horizon.

• Garis horizon yaitu garis khayal mata (tidak nyata). Di mana kita berada, di situlah garis horizon berada. 

• Perspektif Satu Titik Hilang Lebih sederhanya, sudut pandang bisa dibagi 3 macam sudut pandang, yaitu sudutpandang mata burung, sudut pandang normal, dan sudut pandang mata kucing.

1) Sudut Pandang Mata Burung

Pada sudut pandang mata burung ini, mata kita seolah-olah berada diatas dan melihat objek yang berada di bawah. 

Tahapan dalam menggambar :

• Buatlah garis horizon di bagian atas bidang gambar.

• Letakkan titik hilang di dalam garis horizon. Letak garis titik hilang bisa di manapun, di pinggir/ di tengah bidang gambar.

• Buatlah garis batas ruangan/ dinding dengan patokan garis berasal dari titik hilang tersebut.

• Gambarlah beberapa bangun dasar yang juga berpatokan pada garis dari titik hilang tersebut. Menggambarnya harus dengan perencanaan. Karena abngun dasar ini dijadikan gambar objek benda.

• Gambarlah seluruh detail benda dengan patokan komposisi pada bangun dasar.

• Gambarlah seluruh detail benda dengan patokan komposisi pada bangun dasar.

• Arsirlah seperlunya untuk memberikan kesan tiga dimensi, volume, dan karakter benda.

2) Sudut Pandang Normal

Pada sudut pandang normal, diri kita seolah-olah berdiri normal memandang lurus kedepan. diletakkan di mana saja pada garis tersebut. 

3) Sudut Pandang Mata Kucing

Pada sudut pandang mata kucing, seolah-olah kita berada di posisi tiarap dan melihat ke depan,sehingga objek bagian atas akan lebih dominan. 

yaitu sebagai berikut :

• Buatlah garis horizon. Jika memakai sudut pandang mata burung, garis horizon berada di atas bidang gambar. 

• Letakkan 2 titik, masing-masing di bagian ujung kiri dan kanan bidang gambar.

• Jika menggambar ruangan, buatlah batas ruangan itu dengan menarik garis dari kedua titik tersebut.

• Gambarlah beberapa bangun dasar dengan patokan dari kedua titik hilangnya. 

• Gambarlah seluruh detail benda dengan berpatokan pada bangun dasar yang sudah dibuat. 

• Arsirlah seperlunya untuk memberikan kesan tiga dimensi, volume, dan karakter benda.

• Perspektif Tiga Titik Hilang

 Perspektif dengan tiga titik hilang biasanya hanya bisa dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang sangat luas, besar, tinggi, dan secara visual mengalami distorsi yang sangat ekstrem. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan cara setting bios

Pengertian tentang setting bios Basic Input Output System (BIOS)merupakan sebuah software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory ROM ataupun Flash Memory berbahan  Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan. Fungsi BIOS Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting. Cara Kerja BIOS Cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam p

Desain grafis XI

A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-uns

Program pascal

Assalamualaikum wr.wb. Baru pertama kali buat blog, di sini saya memberi materi pertama kali.yang berjudul programan pascal.semasemangasemangat Cara penulisan konstanta di dalam pascal di dalam pascal,sebuah contansta hanya dapat di isi dengan tipe data dasar, yakni char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifier, yakni : karakter pertama harus berupa huruf karakter kedua dan seterusnya bisa berupa huruf, angka, atau karakter underscore "_". penulisan konstanta tidak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan undrescore. kita tidak bisa menggunakan spasi, dan tanda tanda khusus seperti *, +, -, &, %, $, #, atau @. maksimal panjang konstanta tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter konstanta tidak bisa diubah nilainya sepanjang kode program. berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat d