Langsung ke konten utama

Program pascal

Assalamualaikum wr.wb.

Baru pertama kali buat blog, di sini saya memberi materi pertama kali.yang berjudul programan pascal.semasemangasemangat

Cara penulisan konstanta di dalam pascal

  • di dalam pascal,sebuah contansta hanya dapat di isi dengan tipe data dasar, yakni char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifier, yakni :

  • karakter pertama harus berupa huruf
  • karakter kedua dan seterusnya bisa berupa huruf, angka, atau karakter underscore "_".
  • penulisan konstanta tidak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan undrescore. kita tidak bisa menggunakan spasi, dan tanda tanda khusus seperti *, +, -, &, %, $, #, atau @.
  • maksimal panjang konstanta tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter
  • konstanta tidak bisa diubah nilainya sepanjang kode program.
  • berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat deklarasi.
contoh penulisan konstanta:

  • 1 const
  • 2 nama-konstanta=nilai_konstanta;
Berikut contoh penulisannya di dalam kode program pascal:

  • 1.const
  • 2.  phi = 3.14;
  • 3.  dollar = 13000;
  • 4.  nama = 'Joko';
Perhatikan bahwa pascal menggunakan tanda sama dengan '=' untuk memberikan nilai kepada konstanta saat dideklarasikan (proses inisialisasi).


    keterangan

    • Dalam kode program diatas, saya membuat beberapa konstanta, kemudian menampilkan nilainya menggunakan perintah writeln. khusus pada baris ke 14, saya menulis phi:4:2, ini digunakan untuk men-format tampilan angka desimal. Angka 4:2 berarti saya ingin menampilkan angka dengan 4 digit sebelum desimal, dan 2 digit setelah angka desimal.
    • Jika kita mencoba untuk mengubah nilai konstanta didalam kode program, pascal akan mengeluarkan "error:variable identifier expected", dimana kita diberi tahu untuk menggunakan variabel jika ingin mengubah nilai konstanta.
    • sepanjang pembuatan program, konstanta relatif jarang digunakan jika dibandingkan dengan variabel. konstanta umumnya dipakai untuk program matematis yang sering memiliki nilai yang selalu tetap.



    cara penulisan konstanta di dalam pascal
    • di dalam pascal,sebuah contansta hanya dapat di isi dengan tipe data dasar, yakni char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifier, yakni :

    • karakter pertama harus berupa huruf
    • karakter kedua dan seterusnya bisa berupa huruf, angka, atau karakter underscore "_".
    • penulisan konstanta tidak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan undrescore. kita tidak bisa menggunakan spasi, dan tanda tanda khusus seperti *, +, -, &, %, $, #, atau @.
    • maksimal panjang konstanta tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter
    • konstanta tidak bisa diubah nilainya sepanjang kode program.
    • berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat deklarasi.
    contoh penulisan konstanta:

    • 1 const
    • 2 nama-konstanta=nilai_konstanta;
    Berikut contoh penulisannya di dalam kode program pascal:

    • 1.const
    • 2.  phi = 3.14;
    • 3.  dollar = 13000;
    • 4.  nama = 'Joko';
    Perhatikan bahwa pascal menggunakan tanda sama dengan '=' untuk memberikan nilai kepada konstanta saat dideklarasikan (proses inisialisasi).


      keterangan

      • Dalam kode program diatas, saya membuat beberapa konstanta, kemudian menampilkan nilainya menggunakan perintah writeln. khusus pada baris ke 14, saya menulis phi:4:2, ini digunakan untuk men-format tampilan angka desimal. Angka 4:2 berarti saya ingin menampilkan angka dengan 4 digit sebelum desimal, dan 2 digit setelah angka desimal.
      • Jika kita mencoba untuk mengubah nilai konstanta didalam kode program, pascal akan mengeluarkan "error:variable identifier expected", dimana kita diberi tahu untuk menggunakan variabel jika ingin mengubah nilai konstanta.
      • sepanjang pembuatan program, konstanta relatif jarang digunakan jika dibandingkan dengan variabel. konstanta umumnya dipakai untuk program matematis yang sering memiliki nilai yang selalu tetap.
      Hanya itu yang saya mengeri, jika ada kesalahan dalam blog saya mohon di maaf kan. Jangan lupa selalu berdo'a dalam setiap melakukan perbuatan apapun 🤭

      Wassalamu'alaikum wr.wb.

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Desain grafis XI

      A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan susu...

      GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF

      GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF  A. Materi 1. Gambar Bentuk Menggambar bentuk adalah cara mengambar dengan meniru obyek dan Obyek gambar bentuk dapat berupa benda-benda mati, flora, fauna, manusia atau alam benda. Menggambar bentuk atau alam benda berarti menggambar berdasarkan garis dan bentuk dasar geometris. Macam-macam bentuk : • Bentuk Kubistis; Bentuk kubistis adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus. Contohnya : TV, meja. • Bentuk Silindris; Bentuk silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silindris atau bulat. Contohnya : gelas, botol. • Bentuk Bebas; Bentuk bebas adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan silindris. Contohnya : kain, buah-buahan. Prinsip-prinsip seni rupa yang perlu diperhatikan dalam menggambar bentuk  adalah sebagai berikut : • Perspektif; yaitu gambar yang dekat kelihatan besar dan sebaliknya. Gambar dengan hukum perspektif berarti menggambar dengan pandangan s...

      Pengukuran (AVOMETER) - Siskom

      Pengukuran (AVOMETER) -SISKOM Sedikit flashback berikut adalah bagian bagian multimeter yang pada artikel sebelumnya pernah dibahas : Simbol pada Multimeter Digital dan Analog Setelah mengetahui bagian bagian pada AVOmeter maka kita juga harus tahu arti simbol serta penggunaan range selector switch pada alat ukur ini. Sebagai contoh dibawah ini kita menggunakan simbol dari sebuah avometer analog, tentunya pada avometer digital pun sama saja pasti akan mudah menemukan simbol serupa Selector dengan tulisan ACV dan terdapat simbol sinus artinya jika avometer dipilih pada selector bagian ini maka siap digunakan untuk pengukuran tegangan dengan jenis gelombang AC yaitu misalnya pengukuran tegangan PLN, generator listrik, tegangan osilator dll ACV sendiri adalah singkatan dari Alternating Current Voltage yang gelombang arusnya memang seperti sinusoidal. Jika selector dipindahkan searah jarum jam maka tampilan selector akan menjadi seperti gambar disamping dengan simbol...