Langsung ke konten utama

Apa bedanya volatile dengan non-volatile

Apa bedanya volatile dengan non-volatile?

Assalamualaikum,  Kawan... 


Pada blog kali ini, kita akan membahas tentang volatile dan non volatile. Simak penjelasannya dibawah ini yahh, 


PENGERTIAN VOLATILE DAN NON VOLATILE MEMORY TERLENGKAP

Hasil gambar untuk volatile dan nonvolatile


Pengertian Volatile dan Non Volatile Memory Terlengkap – Volatile memory merupakan memory yang datanya dapat ditulis serta dihapus,tetapi akan hilang saat kehilangan power (kondisi off) serta membutuhkan satu daya dalam mempertahankan memory.

Non-volatile memory merupakan memory yang datanya datanya dapat ditulis serta
dihapus, tetapi data akan tetap ada walaupun dalam kondisi off serta tidak
membutuhkan catu daya. memory ini dikenal dengan temporary memory.
Contoh Volatile :


1.RAM.
RAM iyalah memori utama sebuah komputer, yang bertugas untuk menerima sebuah informasi kemudian menyimpannya untuk digunakan ketika imformasi itu dibutuhkan.
Kegunaan RAM antara lain iyalah sebagai perangkat penyimpanan informasi sementara. Informasi yang terdapat di dalam RAM dapat diakses dalam waktu yang tetap serta tidak memperdulikan letak data tersebut.


Contoh Non-Volatile :
1.ROM.


ROM iyalah sebuah contoh dari Progammable Logic Device, yaitu perangkat yang dapat diprogram untuk menyimpan sebuah informasi spesifik untuk perangkat keras komputer (Hardware). Kebutuhan akan memori yang begitu tinggi telah membuat berbagai macam teknologi baru ditemukan. Salah satu jenis memori terbaru yang dikatakan oleh sebagian orang akan menjadi memori yang paling dominan dimasa depan adalah MRAM, (Magnetoresistive Random Access Memory).
MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory) iyalah sebuah non-volatile memori, yang  menggunakan muatan magnet untuk menyimpan data serta bukan muatan listrik seperti pada SRAM atau pun DRAM.
Kelebihan MRAM.
 MRAM memiliki beberapa kelebihan dibandingkan memori – memori sebelumnya.
Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain iyalah:
• Teknologi MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory) dapat mempertahankan keberadaan data yang disimpan pada sistem ketika supply energi dihentikan.
• Memiliki kecepatan tulis serta baca yang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi lain termasuk Flash RAM maupun EEPROM serta FLASHDISK
berikut penjelasan lebih lanjut tentang Memory :
1. PROM
PROM (Programmable Read Only Memory) . PROM iyalah salah satu jenis ROM , sebagai alat penyimpan berupa memori (memory device) yang hanya untuk bisa dibaca isinya . PROM memang tergolong memori non-volatile, artinya program yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang pernah hilang walaupun komputer dimatikan  atau tidak mendapatkan daya listrik . Program yang tersimpan di dalamnya bersifat permanen. Biasanya digunakan untuk menyimpan program bahasa mesin yang sudah menjadi bagian hardware (perangkat keras) komputer.
2. EPROM
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) .  EPROM iyalah jenis chip memori yang dapat ditulisi program secara elektris . Program atau informasin data yang tersimpan didalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet serta dapat ditulisi kembali. Kesamaannya dengan PROM iyalah keduanya merupakan jenis ROM, termasuk memori non-volatile, data yang tersimpan di dalamnya tidak bisa hilang walaupun komputer dimatikan,
3. EEPROM
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) . Seperti halnya PROM serta EPROM , EEPROM ini iyalah memori non-volatile.
EEPROM iyalah komponen yang banyak digunakan dalam komputer serta peralatan elektronik lain untuk menyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut. Kapasitas atau daya tampung simpan datanya sangat terbatas. Pada sistem hardware komputer, chip EEPROM umumnya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan pengaturan (setting) sistem yang berhubungan dengannya.
4. Flash Memory
Flash memory , iyalah memori sejenis EEPROM yang memberikan banyak lokasi memori untuk dihapus ataupun  ditulisi dalam suatu operasi pemrograman. Flash memory tetap dapat menyimpan data tanpa memerlukan penyediaan listrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain grafis XI

A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan susu...

GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF

GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF  A. Materi 1. Gambar Bentuk Menggambar bentuk adalah cara mengambar dengan meniru obyek dan Obyek gambar bentuk dapat berupa benda-benda mati, flora, fauna, manusia atau alam benda. Menggambar bentuk atau alam benda berarti menggambar berdasarkan garis dan bentuk dasar geometris. Macam-macam bentuk : • Bentuk Kubistis; Bentuk kubistis adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus. Contohnya : TV, meja. • Bentuk Silindris; Bentuk silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silindris atau bulat. Contohnya : gelas, botol. • Bentuk Bebas; Bentuk bebas adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan silindris. Contohnya : kain, buah-buahan. Prinsip-prinsip seni rupa yang perlu diperhatikan dalam menggambar bentuk  adalah sebagai berikut : • Perspektif; yaitu gambar yang dekat kelihatan besar dan sebaliknya. Gambar dengan hukum perspektif berarti menggambar dengan pandangan s...

Animasi 2d dan 3d

Assalamu'alaikum warahmatullah  Animasi Dasar. Ctrl+N Pilih type -> ActionScriep3.0 -> klik OK Klik tool panah -> pilih bentuk apapun (oval tool) -> lalu pilih warna yang kamu suka -> klik frame -> lalu klik insert keyframe-> pindah posisi objeknya -> klik kanan -> lalu pilih create classic tween -> Ctrl + S Animasi Jalur Pilih type -> ActionScriep3.0 -> klik OK Klik tool panah -> pilih bentuk apapun (oval tool) -> lalu pilih warna yang kamu suka -> klik kanan -> klik insert keyframe -> pindah objek dari satu sisi ke sisi yang lain -> klik kanan -> pilih creat classic tween -> klik Add Classic mottion guide -> klik pada kolom bawah bertuliskan "layer" -> setelah muncul tulisan Guide diatas layer-> klik guide itu -> lalu pilih brush pen -> mulailah membuat jalur -> lalu klik "enter" -> selesai Animasi Bentuk Pilih type -> ActionScriep3.0 -> klik OK Klik tool panah -> pilih b...