Langsung ke konten utama

Perawatan perangkat keras

perawatan perangkat keras

assalamualaikum wr wb

1.perawatan perangkat keras komputer
Istilah komputer memiliki makna yang luas, jadi saya akan mempersempit pembahasan cara menerapkan perawatan perangkat keras komputer atau yang biasa di sebut dengan hardware komputer menjadi sebuah PC (Personal Computer) yang meliputi beberapa bagian/ komponen sebagai berikut :
  • Processor
  • Mainboard atau Motherboard
  • Power Supplay
  • VGA Card
  • Harddisk
  • VCD atau DVD Room
Semua komponen diatas perlu kita rawat secara rutin, agar PC tidak mudah rusak dan erorr atau supaya semua komponen dapat tetap berfungsi dengan baik dan tentu supaya komponen tersebut bertahan lebih lama. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sebuah PC akan memanas bila digunakan terlalu lama atau sering, agian bagian yang biasanya akan memanas adalah Processor, harddisk, VGA Card, mainboard , chipset, Harddisk, dan power supply. Panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen tersebut akan berusaha distabilkan oleh komponen  fan atau kipas yang terpasang pada processor sehingga suhunya tetap stabil.
Dalam kurun waktu tertentu, bagian dalam processor biasanya akan berdebu meskipun PC di tempatkan di tempat yang tertutup atau ber AC namun tetap saja akan terdapat debu-debu yang menempel dalam processor yang menyebabkan kurang nya kinerja dari komponen-komponen di dalam processor tersebut. Dan hal inilah yang menjadi masalah utama yang menyebabkan lamban nya kinerja fan di dalam processor sehingga menyebabkan overhealting dan kerusakan pada PC anda.
Tidak hanya sampai disitu, kerusakan pada sebuah PC juga di akibatkan oleh cara kebiasaan user dalam mengoperasikan  PC serta faktor eksternal lainnya, seperti :
  • Tegangan listrik yang tidak stabil
  • Kebiasaan memainkan PC sampai overhealting
  • Mematikan PC dengan cara langsung menekan power dan tidak di shutdown
  • Management file yang tidak teratur
  • Membuka terlalu banyak aplikasi secara tidak sabaran tanpa menunggu respon PC
  • Menghidupkan PC secara terus menerus tanpa jeda
  • Dll
Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang dapat merusak kinerja PC kita, supaya dapat bertahan lama dan tetap prima ketika dipakai maka kita harus menjaga dan memerhatikan kebersihan hardware kita dengan cara merawatnya secara rutin dan baik. Baik secara fisik hardware maupun yang bukan termasuk hardware seperti penyimpanan file yang teratur. Anda dapat membawa PC anda ke toko service komputer untuk di bersihkan secara baik dan terpercaya, namun jika anda ingin membersihkan hardware PC anda sendiri di rumah pun juga bisa. Berikut beberapa tips cara menerapkan perawatan hardware komputer :
  1. Buka dan bersihkan komponen-komponen di dalam processor menggunakan kuas hingga semua debu hilang, lakukan secara hati-hati supaya kabel-kabel yang terdapat di dalam processor tidak ada yang lepas atau putus.
  2. Pada motherboard terdapat banyak debu tercampur minyak sehingga menjadi lengket, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan thiner dan kuas.
  3. Perawatan processor adalah yang termudah dengan cara membersihkan debu yang ada pada). jika PC sering Over heat atau pemakaian sudah lama sebaiknya pasta nya di ganti. Bersihkan processor terlebih dahulu menggunakan kain atau tisu sebelum mengganti pasta dengan pasta baru.
  4. Untuk membersihkan VGA cukup dengan membersihkan debu-debu yang terdapat pada kipas pendingin nya menggunakan kuas.
  5. Cara merawat VCD/DVD Room cukup dengan menggunakan CD Cleaner yang berfungsi membersihkan optiknya sehingga dalam pembacaan file DVD tetap optimal.
  6. Cara membersihkan power supplay cukup dengan membersihkan debu yang menempel gunakan kompresor atau penyedot debu.
  7. Untuk harddisk cara perawatannya cukup berbeda, contohnya dengan cara menghidupkan komputer secara teratur dan tidak berlebihan, mematikan sesuai prosedur, dan jangan biarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang lama.
2.alat kerja perawatn perangkat keras komputer

Alat – alat yag diperlukan untuk merawat sebuah PC adalah sebagai berikut :
  1. Tang
    Biasanya jenis tang yang diperlukan untuk keperluan perawatan komputer adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut biasanya digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper kecil. Sedangkan tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluanlainnya.
  2. Kuas
    Kuas digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada periferal (komponen) komputer. Komponen yang sering terkena debu adalah keyboard karena debu dan kotoran suka terselip di selah-selah tombol keyboard.
  3. Kain kering atau tisu
    Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat percikan minuman atau tinta yang terdapat pada komponen komputer.
  4. Cairan pembersih
    Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah kering dan melekat seperti pada layar monitor atau tinta pada body printer.
  5. Penyedot debu mini
    Penyedot debu mini ini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu ini lebih mudah dan lebih bersih dalam menghilangkan debu dan kotoran. pada ujung penyedot mini ini dilengkapi sikat dengan ukuran yang beragam yang dimaksudkan untuk disesuaikan dengan luas sempit celah-celah pada komponen.
  6. CD Cleaner
    CD Cleaner berfungsi untuk memebersihkan Head CD Drive atau lensa dengan cara menggosk bagian yang berdebu atau kotor dengan cariran pembersih yang memanfaatkan putaran.
  7. Obeng
    Obeng merupakan peralatan penting yang perlu dipakai untuk melakukan perawatan pada komputer. Karena dengan alat ini kita mampu dengan mudah membuka dan melepas komponen dalam komputer.

3.langkah langkah perawatan perangkat keras komputer

Sebelum melakukan perawatan kita harus tau dulu langkah-langkah dalam perawatan perangkatkeras komputer. Dalam kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana langkah-langkah dalam melakukan perawatan perangkat keras komputer.
  1. Yang pertama adalah kita harus memastikan bahwa komputer dalam kondisi mati dan tidak terhubung ke arus listrik. Saat komputer terhubung dengan arus listrik maka akan beresiko jika kita melakukan perawatan komputer. Dalam hal ini juga termasuk kedalam K3LH, bahwa kita harus memperhatikan kesehatan, keselamatan, dari diri kita dan barang-barang serta lingkungan sekitar.
  2. Persiapka peralatan bantu dan gunakan sesuai fungsinya Dalam hal ini kita harus menggunakan peralatan bantu seperti kuas, kain lap, ciran pembersih, dll.
  1. Hindarkan benda-benda cair dari dekat komputer.
  2. Hindarkan peralatan yang memilidi daya magnet tinggi.
  3. Lakukan bongkar cpu dan pisahkan semua komponen dari cassing.
  4. Bersihkan cassing dengan kain lap dan kas untuk sudut-sudut yang susah untuk di jangkau.
  5. Bersihkan motherboard menggunakan kompresor bila ada, jika tidak gunakan kuas unutuk membersihkan. Bersihkan semua slot ekspanci dan slot ram, serta port usb, dll.
  6. Bersihkan heatsink dan fan prosesor
  7. Bersihkan semua komponen lain seperti, RAM, HDD, CD ROOM, PSU, dll.
  8. Bersihkan semua perangkat eksternal lainya seperti, keyboard, mouse, monitor, dll.
  9. Setelah semua bersih rakit kembali komputer sesuai prosedur yang benar.
  10. Lakukan pengecekan hasil perawatan, dengan cara menghidupkan komputer setelah melakukan pembersihan.
  11. Setelah perawatan secara hardware selesai lakukan perawatan secara software
  12. Lakukan disk defrag untuk melakukan perawatan hardisk secara sofware.
  13. Lakukan scanning virus untuk mencegah virus komputer akan menyebar.
  14. Lakukan pengamanan pada komputer dengan memasang antivirus dan firewal.
  15. selesai

4.diagram alur prosedur perawatan perangkat keras komputer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan cara setting bios

Pengertian tentang setting bios Basic Input Output System (BIOS)merupakan sebuah software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory ROM ataupun Flash Memory berbahan  Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan. Fungsi BIOS Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting. Cara Kerja BIOS Cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam p

Desain grafis XI

A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-uns

Program pascal

Assalamualaikum wr.wb. Baru pertama kali buat blog, di sini saya memberi materi pertama kali.yang berjudul programan pascal.semasemangasemangat Cara penulisan konstanta di dalam pascal di dalam pascal,sebuah contansta hanya dapat di isi dengan tipe data dasar, yakni char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifier, yakni : karakter pertama harus berupa huruf karakter kedua dan seterusnya bisa berupa huruf, angka, atau karakter underscore "_". penulisan konstanta tidak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan undrescore. kita tidak bisa menggunakan spasi, dan tanda tanda khusus seperti *, +, -, &, %, $, #, atau @. maksimal panjang konstanta tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter konstanta tidak bisa diubah nilainya sepanjang kode program. berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat d