Langsung ke konten utama

Tugas trobleshooting

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai kawan-kawan! Apa kabar?  
Kali ini saya memberi materi baru lohhh... 
Tentang 10 masalah KOMPUTER dan 10 masalah JARINGAN beserta solusinya. Ayo dipahamiiiiiii.... 


Ini 10 Masalah Umum Komputer dan Solusinya, Jangan Keburu Panik Dulu!

Skripsimu tiba-tiba hilang? Jangan nangis dong~

1. Layar biru

1and1.com1and1.com 
Cara mengatasi: paling mudahnya adalah me-restart-nya, namun itu tidak menyelesaikan masalah. Lebih baik kamu menulis ulang kode-kode error tersebut, lalu mencarinya di Google.

2. Missing DLL Files atau DLL error

lifewire.comlifewire.com
Cara mengatasi: cara terbaik adalah dengan menggunakan fitur system file checker. Dengan men-scan lewat system file checker, kamu akan mengetahui apa yang hilang serta oleh fitur tersebut diganti atau diperbaiki.

3. Aplikasi berjalan lambat

pravaigtech.compravaigtech.com
Cara mengatasi: ketahui terlebih dahulu apa yang jadi masalah. Apakah itu karena masalah RAM atau lainnya. Jika masalah RAM, maka kamu perlu mencari RAM yang lebih baik. Jika itu masalah aplikasi yang berat, kamu bisa membuka Windows Task Manager dengan menekan CTRL+ALT+delete. Cek tabulasi processes, lalu matikan aplikasi yang sekiranya terlalu berat dengan klik kanan aplikasi tersebut dan pilih end processes.

4. Malware

upi.comupi.comCara mengatasi: gampangnya adalah dengan menggunakan malware tool dan terus meng-update-nya. Perlu diingat malware tools berbeda dengan virus software, jadi kamu perlu meng-install keduanya.

Cara mengatasi: gampangnya adalah dengan menggunakan malware tool dan terus meng-update-nya. Perlu diingat malware tools berbeda dengan virus software, jadi kamu perlu meng-install keduanya

5. Isu koneksi atau internet

pureinfotech.compureinfotech.com
Cara mengatasi: ada kalanya cukup dengan mengulang komputermu, masalah-masalah tersebut langsung beres. Gunakan saja Windows network diagnostic tool untuk mengecek masalah lokal

6. Hard Drive failure

satelliteguys.ussatelliteguys.us
Cara mengatasi:

Step1. Membuat bootable Liveboot CD/DVD atau USB

Setelah menginstal dan menjalankan Liveboot pada PC Anda, Anda akan mendapatkan jendela awal sebagai berikut. Memasukkan USB drive atau CD/DVD kosong atau ke komputer Anda dan klik pada tombol hijau terbakar, kiri pekerjaan akan selesai oleh program.
Hard Drive Failure

Step2. Hard drive boot Anda dengan membakar disk/USB

Ketika mendapatkan LiveBoot CD, masukkan ke komputer CD-ROM dan memulai komputer Anda. Ketika sistem mulai loading file, tekan F12 untuk masuk ke Menu Boot perangkat. Pilih opsi Drive USB CD-ROM untuk masuk. Kemudian Anda bisa mendapatkan Menu Boot sebagai berikut. Memukul pada yang pertama untuk boot komputer Anda dari LiveBoot.
Hard Drive Failure

Step3. Hard drive pemulihan data kegagalan (opsional)

Crash hard drive selalu dapat menyebabkan kehilangan data. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah untuk memulihkan data. Pergi ke menu "Data Recovery" di atas, dan kemudian tekan "Data Recovery" untuk mendapatkan kembali data yang hilang. Ini dapat membantu Anda memulihkan dokumen, foto, file audio, video, email dan file arsip dari semua jenis perangkat penyimpanan, serta hard drive eksternal yang jatuh.
hard drive crash
Catatan: Jangan Simpan data Anda pada desktop atau Boot (X:) hard disk drive, untuk Anda di bawah lingkungan boot. Data yang disimpan di sini dapat diakses di bawah Windows Anda sendiri.

Step4. Memperbaiki hard drive kegagalan

Setelah mendapatkan kehilangan data kembali, klik "Pemulihan Windows" menu di atas. Ada beberapa solusi kecelakaan komputer dengan deskripsi rinci gejala sepanjang masing-masing. Memilih yang terbaik yang menggambarkan masalah komputer Anda, dan kemudian mengambil ukuran ini menawarkan Anda dengan instruksi.
hard drive crash recovery
Untuk hard disk gagal boot, Anda dapat mencoba solusi kecelakaan boot pertama, yang dapat membantu untuk memperbaiki harddisk jatuh karena sektor buruk pada hard disk, MBR jatuh, sektor boot rusak, dll. Semua solusi mengambil hanya 2 langkah, dan hanya pergi dengan instruksi pada antarmuka. Ketika selesai, mengeluarkan LiveBoot CD/USB dan reboot komputer Anda, dan hard disk Anda kembali ke normal.

7. Layar beku

graphicdesign.stackexchange.comgraphicdesign.stackexchange.com
Cara mengatasi: menggunakan Windows task manager jika komputer masih bisa merespon. Tetapi jika benar-benar sudah tidak diapa-apakan, maka perlu dilakukan hard reset.

8. Bunyi aneh

lifewire.comlifewire.com
Cara mengatasi: ketahui terlebih dahulu bagian hardware manakah yang menyebabkan bunyi tersebut. Lalu jalankan fitur diagnosis atau cukup mengganti hardware tersebut.

9. Overheating

theexplode.comtheexplode.com
Cara mengatasi: kamu bisa menggunakan software yang mampu mendeteksi seberapa panaskah suhu komputermu. Jika sudah memiliki suhu yang tak biasa, kamu bisa membawanya ke tukang reparasi untuk dicek ataupun diperbaiki. Menggunakan hardware pendingin pihak ketiga juga mampu membantu mencegah overheating.

10. Aplikasi tidak ter-in install


microsoft.commicrosoft.com

Cara mengatasi: tidak ada yang bisa kamu lakukan. Satu-satunya cara adalah kamu mengganti software itu atau meng-upgrade hardware-mu.
Itu dia permasalahan-permasalahan umum yang akan kamu hadapi. Santai saja, suatu hari pasti kamu akan menemui masalah ini dan karena sudah membaca artikel ini, kamu sudah mengetahui solusinya. Tidak perlu panik lagi.

MASALAH-MASALAH YANG BIASA TERJADI DALAM JARINGAN KOMPUTER & SOLUSINYA



1. Kegagalan Piranti Jaringan
Gangguan akibat kegagalan piranti jaringan bisa bervariasi, mulai dari kegagalan NIC - LAN card pada sebuah komputer, kegagalan switch pada beberapa komputer, hingga kegagalan berskala luas pada switch central yang menghubungkan jaringan server.
solusinya adalah dengan menggantinya dengan network card cadangan.
2. Tidak Bisa Sharing Data
Masalah tidak bisa sharing data cukup sering terjadi. Penyebabnya bisa karena sharing pada komputer masih dalam mode disable, sehingga harus diaktifkan dulu dengan membuka Network > Internet Access pada bagian kanan bawah dekstop. 
Solisinya adalah Klik kanan pada gambar network, lalu klik Open Network and Sharing Center. Pilih mode turn on file and printer sharing > Save Changes
3.Wireless Not Connected
Solusi : Untuk mengatasi Not Connected - No Connections are available yang sering dijadikan jalan keluar untuk memecahkan permasalahan tersebut :
1.  Klik "Open Network and Sharing Center" melalui icon wireless di bagian
     kanan bawah dekstop laptop anda, selanjutnya akan tampil jendela seperti
     gambar dibawah, klik pada area bergaris merah "Change adapter settings".

4. Network Kabel unplug
Solusi : Lakukan pengecekan kabel LAN. Setelah yakin tidak ada masalah dengan pengkabelan, masuk ke Network Connection di Control Panel. Klik ganda Local Area Network yang bermasalah. Klik tab Properti, pada jendela “Connect using :” klik tab Configure. Selanjutnya pada jendela baru yang muncul, klik Advanced lalu Sorot Link Speed/Duplex Mode, pada jendela dropdown di sebelahnya ubah nilainya. Coba satu per satu nilai yang ditawarkan sampai LAN terkoneksi.
5. Kerusakan pada Kabel dan Konektor Jaringan
  • Kabel UTP dengan Konektor RJ45
Gangguan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidak terpasang dengan baik atau longgar, susunan kabel yang salah, hingga kabel putus
  • Kabel Coaxial dengan Konektor BNC

Kabel jenis ini memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar, kabel short, dan kabel terbuka resistor pada terminating konektor.
  • Kabel Serat Optik dengan Konektor SC dan ST

Gangguan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang terjadi, tapi membutuhkan penanganan secara khususnya
6. Koneksi Lambat
Solusinya adalah gunakan bandwidth management, antivirus, atau anti Spyware. Solusi lainnya adalah dengan menambah kecepatan koneksi internet. Anda bisa coba cara simpel dengan menonaktifkan loading gambar pada browser atau menggunakan software.
7. Ledakan Virus
Solusinya untuk menangkal serangan virus ini adalah dengan menerapkan best practice security policy, tapi pastikan terlebih dulu pertahanan sistem Anda sudah sangat kebal.
8. Koneksi Putus-putus
Solusinya yaitu dengan mengecek seluruh kabel rumah Anda dari KTB hingga modem. Jika terjadi masalah, Anda bisa langsung melapor kepada perusahaan telepon yang berwenang.
9.LAN tidak Berkedip
Solusi : Untuk mengatasinya, cukup mudah untuk dilakukan. Yang anda perlukan hanyalah mencoba untuk mencabut dan memasang kembali konektor LAN anda dan juga melakukan pengecekan terhadap perangkat keras seperti hub dan juga switch.
10.Tidak Muncul LAN
Solusi : Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan pembetulan dari proses pemasangan network wireless adapter, ataupun melakukan penginstalan ulang pada driver adapter network tersebut, agar LAN dan juga local area connection bisa dijalankan dengan benar.
Udha paham kan tentang materi kali ini. 
Wassalamuaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan cara setting bios

Pengertian tentang setting bios Basic Input Output System (BIOS)merupakan sebuah software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory ROM ataupun Flash Memory berbahan  Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan. Fungsi BIOS Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting. Cara Kerja BIOS Cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam p

Desain grafis XI

A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-uns

Program pascal

Assalamualaikum wr.wb. Baru pertama kali buat blog, di sini saya memberi materi pertama kali.yang berjudul programan pascal.semasemangasemangat Cara penulisan konstanta di dalam pascal di dalam pascal,sebuah contansta hanya dapat di isi dengan tipe data dasar, yakni char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifier, yakni : karakter pertama harus berupa huruf karakter kedua dan seterusnya bisa berupa huruf, angka, atau karakter underscore "_". penulisan konstanta tidak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan undrescore. kita tidak bisa menggunakan spasi, dan tanda tanda khusus seperti *, +, -, &, %, $, #, atau @. maksimal panjang konstanta tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter konstanta tidak bisa diubah nilainya sepanjang kode program. berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat d