Langsung ke konten utama

JOBSHEET (merakit personal komputer)

JOBSHEET SMK
Merakit Personal Komputer


JOB SHEET 1

Alat dan bahan :
1)    Komputer PC 1 unit lengkap dengan multi media
2)        Buku manual reference untuk komponen PC yang sesuai
3)        Tools set
Kesehatan dan Keselamatan Kerja
1)        Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2)        Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan.
Langkah Kerja
1)        Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini.
2)        Bukalah penutup casing pada CPU
3)        Amati semua komponen yang ada.
4)        Catatlah semua komponen yang ada pada CPU dan di luar CPU.
5)        Buka dan bacalah buku manual reference yang sesuai dengan komponen yang ada.
6)        Catatlah spesifikasi dari komputer tersebut.
7)        Buatlah laporan tentang spesifikasi dari komputer yang anda amati tersebut.
8)        Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembimbing (pengajar).
9)        Jika semua telah selesai tutuplah kembali cashing pada CPU dan rapikan alat dan bahan kemudian kembalikan ke tempat semula. 

Anda juga bisa langsung melihat video ini, jika anda masih kurang faham.

https://youtu.be/EvC5G9ehHIs

Ini sedikit penjelasan dari video tersebut :

1. Siapkan Motherboard komputer yang akan digunakan

2. Pasang Prosessor pada Socket Prosessor dengan hati hati agar tidak terjadi kesalahan. Perhatikan tanda pada Prosessor dan pasang dengan benar agar dapat terdeteksi.

3. Kemudian pasang Heatsink pada Motherboard. Keadaan kaki pengikat harus dalam keadaan siap mengunci lalu pasang Konektor Heatsink.

4. Lalu, pasang RAM pada slot RAM yang sudah ada. Tekan lebih kuat agar tuas pengunci mengunci dengan sendirinya.

5. Setelahnya, pasang Motherboard pada Casing Komputer yang sudah di siapkan. Hubungkan konektor Casing pada Motherboard. Pasang skrup untuk menjaga Motherboard agar menempel kuat.

6. Pasang Power Supply lalu pasang skrupnya.

7. Lalu pasang Hard Drive. Hubungkan kabel Hard Drive sesuai tipenya lalu pasang pada Casing.

8. Pasang DVD-ROM dari depan Casing lalu skrup dan hubungkan konektor dengan Hard Drive.

9. Pasang VGA-Card pada slot VGA lalu skrup.

10. Hubungkan Heatsink dengan Casing. Setelahnya tutup kembali Casing tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain grafis XI

A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan susu...

GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF

GAMBAR BENTUK DAN PERSPEKTIF  A. Materi 1. Gambar Bentuk Menggambar bentuk adalah cara mengambar dengan meniru obyek dan Obyek gambar bentuk dapat berupa benda-benda mati, flora, fauna, manusia atau alam benda. Menggambar bentuk atau alam benda berarti menggambar berdasarkan garis dan bentuk dasar geometris. Macam-macam bentuk : • Bentuk Kubistis; Bentuk kubistis adalah bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau benda yang bentuk dasarnya kubus. Contohnya : TV, meja. • Bentuk Silindris; Bentuk silindris adalah benda yang bentuk dasarnya menyerupai silindris atau bulat. Contohnya : gelas, botol. • Bentuk Bebas; Bentuk bebas adalah benda yang bentuknya tidak beraturan atau yang tidak termasuk kubistis dan silindris. Contohnya : kain, buah-buahan. Prinsip-prinsip seni rupa yang perlu diperhatikan dalam menggambar bentuk  adalah sebagai berikut : • Perspektif; yaitu gambar yang dekat kelihatan besar dan sebaliknya. Gambar dengan hukum perspektif berarti menggambar dengan pandangan s...

Animasi 2d dan 3d

Assalamu'alaikum warahmatullah  Animasi Dasar. Ctrl+N Pilih type -> ActionScriep3.0 -> klik OK Klik tool panah -> pilih bentuk apapun (oval tool) -> lalu pilih warna yang kamu suka -> klik frame -> lalu klik insert keyframe-> pindah posisi objeknya -> klik kanan -> lalu pilih create classic tween -> Ctrl + S Animasi Jalur Pilih type -> ActionScriep3.0 -> klik OK Klik tool panah -> pilih bentuk apapun (oval tool) -> lalu pilih warna yang kamu suka -> klik kanan -> klik insert keyframe -> pindah objek dari satu sisi ke sisi yang lain -> klik kanan -> pilih creat classic tween -> klik Add Classic mottion guide -> klik pada kolom bawah bertuliskan "layer" -> setelah muncul tulisan Guide diatas layer-> klik guide itu -> lalu pilih brush pen -> mulailah membuat jalur -> lalu klik "enter" -> selesai Animasi Bentuk Pilih type -> ActionScriep3.0 -> klik OK Klik tool panah -> pilih b...