Langsung ke konten utama

Desain grafis

PENGGABUNGAN GAMBAR DAN TEKS BERBASIS VECTOR

 Citra vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.

Beberapa format file citra vektor di antaranya: svg, eps, wmf , cdr dan lain sebagainya.Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. 

Citra vektor dapat diolah dalam format 2 dimensi maupun 3 dimensi. Aplikasi pengolah citra vektor 2 dimensi di antara lain corel draw, adobe ilustrator. Sedangkan aplikasi citra vektor yang diolah dalam format 3 dimensi diantaranya Maya 3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D.

1. CorelDraw: CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Aplikasi grafis vektor ini diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengembangan software.

2. Kombinasi Objek: Kombinasi atau Combine objek vector itu seperti gambar dibawah ini, maksudnya jika 2 atau lebih objek saling tumpang tindih apabila di Combine akan menciptakan bagian objek kosong.

EFEK GAMBAR VECTOR

• Efek Dasar Objek Pada CorelDraw

• Membuat Efek Blend Efek Blend adalah efek yang mengisi ruang yang kosong dengan bentuk 3D pada dua objek yang telah dibuat.

• Membuat Efek Countour Efek Countour adalah efek yang memberi bagian-bagian yang sama dengan ukuran atau resolusi yang sebanding didalam objek aslinya.

• Membuat Efek Distort Efek Distort adalah efek yang dapat merubah bentuk objek aslinya menjadi abstrak dengan perintah yang kita inginkan.

• Membuat Efek Drop Shadow

Efek Drop Shadow adalah efek untuk memberi sebuah bayangan pada objek yang dapat kita atur arah datang cahayanya.

• Membuat Efek Envelope

Efek Envelope adalah efek yang memungkinkan kita untuk menyunting objek yang telah kita buat, fungsi ini hampir sama dengan Shape Tool

• Membuat Efek Extrude

Efek Extrude adalah efek yang dapat membuat satu objek menjadi 3D dengan dimensi yang dapat kita atur sendiri.

• Membuat Efek Transparency Efek Transparency adalah efek yang merubah objek menjadi transparan.

• Efek Outer Glow CorelDrawSiapkan gambar vector seperti gambar di bawah menggunakan pen tool atau Bezier tool. Ini dapat dilakukan dengan tracing. Langkah-langkah dalam membuat efek outer glow yaitu:

• Beri warna hitam objek kurva gambar orang climbing caranya seleksi objek kemudian klik warna hitam di Color Palette letaknya di pojok kanan.

• Beri juga warna hitam pada objek kotak yang fungsinya sebagai background

• Selanjutnya seleksi objek kurva gambar orang climbing, pada menu Toolbox pilih Drop Shadow tool dan pada Property Bar klik drop down Preset list pilih Small Glow, hasilnya akan berwarna gradasi putih.

• Untuk mengganti warna, misalnya kita ganti warna orange pada Shadow color yang letaknya di Property barSehingga warna bayangan akan berubah menjadi orange, seperti gambar dibawah ini

• Kita bisa memperhalus efek tersebut dengan cara break apart atau tekan Ctrl+K di keyboard efek Drop Shadow tersebut, kemudian pada menu Bitmaps pilih Convert To Bitmap, setelah itu masih pada menu Bitmaps > Blur > pilih Gaussian Blur. Atur pada slider Radius untuk memperhalus objek bitmap tersebut.

• Hasil akhir seperti gambar dibawah ini, selesai

• Efek Powerclip

Untuk langkah yang pertama kita buat tulisan yang akan di masuki gambar dengan Text Tools. Setelah itu kita siapkan gambar dengan cara mengimport atau drag. Jika sudah tinggal kita proses cara memasukan gambar ke dalam tulisan dengan PowerCLIP

• Cara-nya klik gambar masuk ke menu Object > Powerclip > Place Inside > Frame. Kemudian arahkan panah pada tulisan.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan cara setting bios

Pengertian tentang setting bios Basic Input Output System (BIOS)merupakan sebuah software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory ROM ataupun Flash Memory berbahan  Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan. Fungsi BIOS Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting. Cara Kerja BIOS Cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam p

Desain grafis XI

A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-unsur desain yang terdiri dari bagian-bagian terpisah selanjutnya ditata dan diletakkan pada suatu ruang untuk menjadi kesatuan yang memiliki makna, sehingga bisa disebut sebagai unsur-unsur tata letak. Pada bab ini akan dipelajari salah satu hal yang paling mendasar dalam desain grafis yaitu unsur-unsur letak. Memahami unsur-unsur tata letak adalah untuk mempermudah dalam pemyususnan hierarki visual  (visual hierarchy),  yaitu pengurutan prioritas yang ingin ditampilkan baii itu informasi serta unsur-unsur tata letak, dari yang paling penting sampai yang tidak penting. Hal itu akan mempengaruhi pemilihan unsur-unsur tata letak misalnya, garis, warna, bentuk, besar kecilnya huruf, dsb. Unsur-unsur tata letak yaitu : 1. Garis  (line) Garis merupakan rangkaian tersusun dati titik titik yang menyambung dengan jerapatan tertentu. Sifatnya memanjang dan memiliki arah.  A. Materi Sebuah karya desain merupakan sususnan dari unsur-uns

Program pascal

Assalamualaikum wr.wb. Baru pertama kali buat blog, di sini saya memberi materi pertama kali.yang berjudul programan pascal.semasemangasemangat Cara penulisan konstanta di dalam pascal di dalam pascal,sebuah contansta hanya dapat di isi dengan tipe data dasar, yakni char, integer, real, boolean, serta tipe data string dan set. penulisan nama konstanta juga mengikuti aturan penulisan identifier, yakni : karakter pertama harus berupa huruf karakter kedua dan seterusnya bisa berupa huruf, angka, atau karakter underscore "_". penulisan konstanta tidak boleh menggunakan karakter selain angka, huruf dan undrescore. kita tidak bisa menggunakan spasi, dan tanda tanda khusus seperti *, +, -, &, %, $, #, atau @. maksimal panjang konstanta tergantung kepada compiler yang digunakan. Beberapa mendukung 32 karakter hingga 63 karakter konstanta tidak bisa diubah nilainya sepanjang kode program. berbeda dengan variabel, konstanta harus diisi nilai pada saat d